PROGRAM PENGEMBANGAN KOTA HIJAU (P2KH)


Kota hijau merupakan kota yang ramah lingkungan, yang memanfaatkan sumber daya air dan energi secara efektif dan efisien, mengurangi limbah, menerapkan sistem informasi terpadu, menjamin kesehatan lingkungan, serta mensinergikan lingkungan alami dan buatan.

Sebanyak 60 kabupaten/kota, yang terdiri atas 34 pemerintah kabupaten dan 26 pemerintah kota saat ini telah menyiapkan Rencana Aksi Kota Hijau (RAKH) sebagai bagian dari keikutsertaan dalam prakarsa Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH). Program tersebut tahun 2011 ini mulai diinisiasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas ruang kota agar terjamin keberlanjutannya, sekaligus dapat responsif terhadap perubahan iklim.

Pada tahap inisiasi, P2KH difokuskan pada tiga atribut, pertama perencanaan dan pencanagan kota yang ramah lingkungan. Kedua, perwujudan ruang terbuka hijau 30 persen dan ketiga peningkatan peran masyarakat melalui komuniatas hijau. Namun sesungguhnya, masih terdapat beberapa atribut selain RTH yang juga perlu segera dikembangkan dalam Kota Hijau, seperti Green Waste, Green Water, GreenTransportation, Green Building, dan Green Energy.

Kota hijau memiliki makna strategis karena dilatarbelakangi beberapa faktor, antara lain tingginya tingkat urbanisasi dan menurunnya kualitas ruang perkotaan. Saat ini, sekitar 52,03% penduduk Indonesia tinggal di perkotaan, dan diperkirakan akan meningkat menjadi kurang lebih 68% pada tahun 2025. Pertumbuhan kota secara cepat tersebut secara langsung berimplikasi terhadap timbulnya berbagai permasalahan kota seperti kemacetan, banjir, permukiman kumuh, kesenjangan sosial, dan berkurangnya luasan ruang terbuka hijau.

Panduan pelaksanaan P2KH

http://www.pu.go.id/uploads/services/infopublik20120426103859.pdf

Manual DED P2KH

KOTA-HIJAU-IV-manual-DED

Contoh Green Open Space

Ecopark kab. Tasikmalaya

About dezainarch

always keep in green
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s