DIALUX, software gratis untuk analisa pencahayaan


Oleh : Ismail Zain, ST

Tidak seperti Ecotect yang memakai point method, software dialux mengaplikasikan lumens method yang memperhitungkan tingkat reflektansi setiap permukaan interior. Seperti halnya radiance yang memunculkan output illuminance (tingkat pencahayaan) dan luminance (tingkat kecerahan) dalam dialux juga dihasilkan output serupa. Dalam artikel ini akan disampaikan contoh dari dampak pemilihan jenis lampu terhadap tingkat pencahayaan, tingkat kecerahan dan efisiensi lampu.

Ukuran ruang 9.6 m x 9.6 m. Simulasi pertama menggunakan lampu philips LED 342 lumens 5 watt. Kebutuhan tingkat pencahayaan sebesar 300 lux. Saran dari dialux untuk layout lampu adalah 12 baris dan 11 kolom, sehingga jumlah lampu yang dibutuhkan sebanyak 132 lampu. Tingkat pencahayaan rata-rata pada workplane sebesar 432 lux. Tingkat kecerahan terkecil terdapat pada salah satu dinding sebesar 70 cd/m2 sedangkan tingkat kecerahan terbesar terjadi pada lantai sebesar 90 cd/m2. Efisiensi lampu sebesar 7.16 W/m2.

300lmnraytracing

Sedangkan untuk simulasi kedua menggunakan lampu philips LED 1028 lumens 14 watt. Kebutuhan tingkat pencahayaan sebesar 300 lux. Saran dari dialux untuk layout lampu adalah 7 baris dan 6 kolom, sehingga jumlah lampu yang dibutuhkan sebanyak 42 lampu. Tingkat pencahayaan rata-rata pada workplane sebesar 413 lux. Tingkat kecerahan terkecil terdapat pada salah satu dinding sebesar 69 cd/m2 sedangkan tingkat kecerahan terbesar terjadi pada lantai sebesar 96 cd/m2. Efisiensi lampu sebesar 6.38 W/m2.

1000lmnraytracing

Dari kedua simulasi dapat disimpulkan bahwa layout kedua lebih hemat dari segi penggunaan listriknya, memenuhi tingkat pencahayaan yang dibutuhkan dan perbandingan kecerahan yang lebih kecil dibanding layout pertama.

About dezainarch

always keep in green
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

15 Responses to DIALUX, software gratis untuk analisa pencahayaan

  1. @rdy says:

    Hebat niy, kapan2 bisa dicoba. Lama ndak ketemu niy, kapan2 bisa reunian…

  2. Aan Saja says:

    semangat pagi, pak.

    nama saya aan. saya berminat utk mempelajari dialux.
    bila ada kelas dialux di kota bandung sekitar tgl 24-31
    des 2014, saya berminat utk bergabung. mohon infonya
    ya, pak zain. alamat email saya di: mynameis703@yahoo.com.

    terimakasih.

    –aan

  3. nugrohojamil@gmail.com says:

    untuk kursus dialux bulan februari bisa gk pak. saya ingin menanyakan berapa biayanya dan tempat pelatihannya, saya dari bekasi. kirim rincian biayanya melalui email saya pak. nugrohojamil@gmail.com

  4. Dimas Rizki says:

    Salam kenal Pak. Saya berminat mengikuti pelatihan dialux / software pencahayaan lainnya. Bisa di info waktu, biaya, dan syaratnya ke dimas@sahabatabadi.com?

  5. novan says:

    Salam kenal saya novan dari surabaya, Mohon info untuk pelatihan software dialux / ecotech, tks
    drafter_novan@yahoo.co.id

  6. Diah suwarti says:

    Assalamualaikum wr wb
    Pak apakah informasi kursus dialux sudah dikirim ke email saya
    Diah Suwarti

  7. denny says:

    pak admin
    saya mau tahu tentang software dialux.Saya berminat mengikuti pelatihan dialux / software pencahayaan lainnya. Bisa di info waktu, biaya, dan syaratnya ke deni_tauriknabawi@yahoo.co.id
    terima kasih

    • dezainarch says:

      Kebetulan untuk sementara pelatihan blm bisa dilaksanakan karena kesibukan saya, paling modul dialux (e-book) bisa dibeli. Modul tersedia baru dialux versi konvensional blm dialux evo. Mengenai software lain untuk pencahayaan yang sdh ada modulnya yakni modul ecotect.

Leave a Reply

